Batik Tulis Garutan

Batik merupakan salahsatu warian leluhur yang hanya ada di indonesia, kain indah yang sampai sekarang masih lestari di bumi pertiwi. Batik lahir di hampir seluruh daerah di indonesiaa khususnya di pulau jawa. tentunya dengan warna dan corak yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Berhubung penulis adalah asli putra Garut, maka saya akan memperkenalkan Batik Tulis Garutan yang mungkin kurang familiar dibanding batik daerah lain. Batik garutan juga menjadi ciri khas Garut selain Dodol garut yang lebih dulu terkenal.

Kegiatan dan usaha pembatikan di Garut merupakan warisan nenek moyang yang berlangsung turun temurun dan telah berkembang lama sebelum masa kemerdekaan. Pada tahun 1945 Batik Garut semakin popular dengan sebutan Batik Tulis Garutan dan mengalami masa jaya antara tahun 1967 s.d. 1985 .Dalam perkembangan berikutnya produksi Batik Garutan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh semakin pesatnya batik printing/batik cap, kurangnya minat generasi penerus pada usaha batik tulis, ketidaktersediaan bahan dan modal, serta lemahnya strategi pemasaran. Namun belakangan di tahun 2000an, Batik Tulis Garutan mulai bergeliat kembali di pasaran.
 
Batik garutan umumnya digunakan untuk kain sinjang, namun berfungsi juga untuk memenuhi kebutuhan sandang dan lainnya. Bentuk motif batik Garut merupakan cerminan dari kehidupan sosial budaya, falsafah hidup, dan adat-istiadat orang Sunda. Beberapa perwujudan batik Garut secara visual dapat digambarkan melalui motif dan warnanya.

 

Berdasarkan pemikiran yang melatarbelakangi penciptaan batik Garut, maka motif-motif yang dihadirkan berbentuk geometrik sebagai ciri khas ragam hiasnya. Bentuk-bentuk lain dari motif batik Garut adalah flora dan fauna. Bentuk geometrik umumnya mengarah ke garis diagonal dan bentuk kawung atau belah ketupat. Warnanya didomiansi oleh warna krem dipadukan dengan warna-warna cerah lainnya yang merupakan karakteristik khas batik garutan.

 

Ega Pamungkas adalah seorang Penikmat Digital Marketing, Fokus berkarier di Search Marketing baik Paid Search (SEA) maupun Organic Search (SEO). Saya Percaya Bahwa dibalik Sebuah Pencarian terdapat peluang besar untuk terjadi Penjualan. Hubungkan akun sosial anda bersama saya di : LinkedIn - Facebook - Twitter

Share This Post

2 Comments

  1. Andi Rustandi Sunarya - January 29, 2014

    Hatur nuhun, neda widi kanggo nambihan guaran di Blog Jisim, manawi henteu kaabotan

Leave a reply